Minggu, 19 Mei 2013

Antara WeChat, Kakao Talk, Line dan WhatsApp, Apa Bedanya?





Karakter pengguna HP Indonesia dikenal sangat menyukai mengirim pesan instan. Hal ini tentu saja menjadi pasar tersendiri bagi para penyelenggara penyelenggara instant messaging. Maka jangan heran kalau akhir-akhir ini, penyedia layanan instant messaging dunia berlomba-lomba memasuki pasar Indonesia. Kita bisa melihat iklan layanan mereka ditelevisi nasional yang cukup gencar.




Layanan instan messaging yang sudah mulai expansi ke Tanah Air diantaranya Line, WeChat, KakaoTalk dan WhatsApp yang terlebih dahulu dikenal publik. Ramainya persaingan instant messaging ini tentu menguntungkan pengguna karena menjadikan banyak pilihan buat mereka. Tentu saja masing-masing layanan menawarkan aplikasi menarik dan menarik kepada user.

Nah lantas apa sebenarnya yang membedakan antar layanan instan messaging itu?


Sekilas nampak fitur yang ditawarkan seluruh aplikasi tersebut terlihat hampir sama, yakni memudahkan berbagi pesan dengan beberapa emoticon yang menarik. Akan tetapi, jika ditanya kepada pihak pembuat, mereka tentu saja menolak dikatakan sama dengan yang lain.




Seperti ditegaskan Simeon Cho, General Manager Line misalnya. Aplikasi besutan mereka diklaim punya cara yang lebih asyik untuk menggambarkan emosi seseorang, yakni dengan Sticker.



“Sticker yang membedakan Line dengan aplikasi sejenis lainnya, dan itu adalah salah satu keunggulannya,” Kata Cho seperti dikutip detikINET beberapa waktu lalu.

Pria asal Korea Selatan tersebut juga menyebutkan beberapa hal yang membuat Line bukan sekadar aplikasi pesan instan biasa. Sebut saja dengan kehadiran game, aplikasi kamera dan tools, serta akun publik yang bisa di-follow para pengguna Line.

“Itulah sebabnya Line tidak bisa dibandingkan dengan aplikasi pesan instan lainnya, Line sudah memiliki ekosistem sosial,” tandas Cho.

Sementara Kakao Talk, mobile messenger asal Korea Selatan, melihat antusiasme yang besar dari para pengguna smartphone di Indonesia. KakaoTalk mencatat kenaikan 288% untuk penggunaan di Indonesia dari Januari-Februari 2013.



Di kandangnya — Korea Selatan — KakaoTalk mengklaim menjadi aplikasi pesan instan favorit dengan 97% dari pengguna smartphone di Korsel telah menggunakannya.

Untuk lebih menggaet pengguna Indonesia, Kakao Talk pun berkolaborasi dengan beberapa mitra lokal untuk memperkaya konten. Ini termasuk membuat emoticon khusus dengan warna lokal bersama dengan desainer, pengembang aplikasi, hingga bekerja sama dengan operator serta kemitraan untuk membuat konten mobile promotion.





WeChat, aplikasi asal China ini lebih ambisius lagi, mereka mengklaim menjadi aplikasi chatting nomor satu di Indonesia, dengan menempati posisi teratas di Apple App Store dan Google Play. Selain dapat digunakan di iOS dan Android, baru-baru ini WeChat juga telah meluncurkan versi aplikasinya untuk BlackBerry, yang sempat melejit ke posisi nomor 2 di antara aplikasi lain di BlackBerry Application World. Fitur-fitur WeChat antara lain ‘Push to Talk’, ‘Moments’, dan beraneka ragam emoticon. Namun, belakangan WeChat diterpa isu tidak populis, setelah dikabarkan tak akan lagi gratis. Namun hal ini ditepis oleh pijak WeChat.


Aplikasi chat yang paling populer di Indonesia adalah WhatsApp karena aplikasi ini sudah hadir jauh sebelum Line, WeChat dan KakaoTalk muncul di Indonesia. Aplikasi ini sukses menjadi alternatif layanan pesan instant lintas platform favorit pengguna.Isu terakhir, WhatsApp bakal dipinang raksasa internet Google. Tak tanggung-tanggung, dana sampai USD 1 miliar atau setara Rp 9,6 triliun dilaporkan menjadi harga mahar WhatsApp.




Nah, sekarang keputusan ada ditangan anda, mau memilih yang mana untuk menjadi aplikasi pesan instan favorit anda ? yang pasti bijaksanalah menggunakan aplikasi chat bukankah waktu kita tidak akan kita habiskan hanya untuk chat doang bukan?

Di Posting Oleh : Moh. Naufal Sadid

Artikel Antara WeChat, Kakao Talk, Line dan WhatsApp, Apa Bedanya? ini diposting oleh Moh. Naufal Sadid pada hari Minggu, 19 Mei 2013 . Terimakasih atas kunjungan Sobat serta kesediaan Sobat membaca artikel ini, Kritik dan saran dapat Sobat sampaikan melalui kotak komentar. Semoga Artikel Antara WeChat, Kakao Talk, Line dan WhatsApp, Apa Bedanya? Bermanfaat .. ^_^

Klik Untuk Memasang Widget Ini!

9 komentar :

  1. gk ada beda nya sih mas , tpi kmungkinan fitur2 mereka bnyak yg bagus jdi laku deh

    BalasHapus
  2. saya tidak menggunakan keempat-empatnya...

    BalasHapus
  3. tidak ada yang saya gunakan gan, tapi sepertinya LINE gencar sekali promosi bahkan sampai mengadakan undian untuk yang mendownload aplikasinya...
    btw, kunjungan siang gan... :)

    BalasHapus
  4. Lenovo 3000 Y510 775844q

    Here is my web site; serpentine

    BalasHapus
  5. efek yang luar biasa ya gara² aplikasi chat di indonesia banyak generasi kita yg kerjaannya gitu wae

    BalasHapus
  6. wah kalo saya sih lebih milih lewat sms aja sob :D
    hahaha ..


    thanks udah share ya.

    yuk mampir :)

    BalasHapus
  7. saya dah baca mana yang baik dan bukan tapi menurut saya semuanya baik-baik sayang...he.he.he..

    BalasHapus
  8. saya dah baca mana yang baik dan bukan tapi menurut saya semuanya baik-baik sayang...he.he.he..

    BalasHapus

About Me

Foto Saya
Moh. Naufal Sadid
Pekalongan, Jawa Tengah, Indonesia
Lihat profil lengkapku